Tuesday, April 7, 2015

5 Trik Mengatasi Writer's Block

Sebelumnya kita sudah tahu apa itu Writer's Block, bahkan kita telah membahas penyebab writer's block dan cara mengobatinya. Sekarang ialah beberapa trik lainnya untuk mengatasi Writer's Block.

Terkadang satu strategi saja tidak cukup untuk mengatasi penyakit Writers Block, tetapi mungkin kombinasi dari beberapa strategi untuk mengatasi Writer's Block ini mungkin akan membantumu.
cara mengatasi Writers block
menghilangkan buntu ide


Lima Cara Mengatasi Writer's Block

Bagaimanapun hebatnya seorang penulis, mereka pasti mengalami Writer's Block, maka wajar jika itu juga terjadi padamu.

Berikut ini merupakan Cara mengatasi Writer's Block:

Menulislah darimanapun kamu mau!

Jika kamu terpikirkan sebuah ide untuk mengisi bagian tengah tulisanmu, maka tulislah dan mulailah dari tengah. Tidak perlu menunggu bagian pendahuluan atau pengantar. Bahkan jika kamu terpikirkan untuk bagian kesimpulan terlebih dahulu, maka kerjakan kesimpulannya dulu.

Ceritakan Ide Tulisanmu pada Orang Lain

Kamu bisa menceritakan ide tulisanmu pada target pembacamu, temanmu yang memahami topik tersebut, gurumu, atau dosenmu yang mampu memberikan saran yang membangun.

Gunakan Perekam Suara

Kamu ceritakan ide tulisanmu, kemudian rekam semua suaramu itu. Jika itu masih terasa aneh, bawalah perekam suara, kemudian rekamlah ketika kamu bercerita pada orang lain tentang topik tulisanmu. Biasanya menyampaikan suatu topik dengna mengobrol santai bisa lebih mudah daripada menuliskannya di depan laptop.

Setelah itu dengarkan rekamannya dan tentu saja kamu bisa menuliskannya.

Jadwalkan Untuk Menulis dan Membaca Secara Beriringan

Kalau buatku, membaca ialah obat paling mujarab untuk Writer's Block. Tetapi terlalu banyak membaca kemudian meninggalkan tulisan juga kurang baik. Seenggaknya kamu harus jadwalkan menulis setelah membaca satu buku. Mulailah menulis dengan topik yang serupa dengan buku yang baru saja kamu baca. Ini akan terasa mudah.

Tuliskan Kenapa Kamu Tidak Bisa Menulis

Mulailah bercerita tentang apa saja alasanmu tidak bisa menulis. Tentu saja cerita ini dalam bentuk tulisan. Tulisanmu ini mungkin tidak termasuk dalam naskah yang berkualitas, tetapi ini akan merangsangmu untuk mendapatkan ide tulisan yang menarik untuk pembaca. Jadi mulailah menulis!

Kalau cara terakhir juga tidak bisa membantumu mengatasi Writer's Block, maka secara singkat, niatmu untuk menulis belum kuat. Belum tertarik untuk berbagi cerita dan pengalaman melalui tulisan. Cobalah bayangkan hal-hal menarik ketika tulisanmu dibaca orang. Dan Nikmatilah, semoga niat menulismu tumbuh lagi.

Thanks for reading, Stay tune!

Back To Top