Monday, October 27, 2014

7 Resep Meracik Konten Blog yang Memikat

Anda pembaca atau bahkan pengelola sebuah blog? Ya, blog menjadi media yang tengah digandrungi pengguna aktif internet untuk menyampaikan informasi. Bahkan, blog yang memuat artikel yang berkualitas tinggi dapat mendongkrak bisnis yang tengah Anda jalankan.

Membuat Konten Blog Lebih Memikat


blog lebih menarik


Tentunya blog yang Anda bangun memiliki berbagai tujuan, salah satunya agar blog Anda dapat dibaca jutaan orang di seluruh belahan dunia. Anda pasti merasa puas jika blog Anda berhasil 'nangkring' di halaman pertama mesin pencarian google. Apalagi pageviews blog yang memuat artikel online Anda terus merangkak naik setiap harinya. Banyak sekali keuntungan yang akan Anda raih nantinya.

Para pengunjung tentunya menginginkan informasi dari artikel yang bagus dan sesuai (akurat) dengan apa yang mereka butuhkan saat membuka blog Anda. Bukan sekedar informasi 'sampah' apalagi sekedar blog yang berisi artikel copas di sana-sini.

Pengunjung akan merasa nyaman jika tampilan blog Anda telah dirancang dengan rapi, terorganisir sehingga memudahkan mereka mengaksesnya. Oleh karena itu, Anda perlu sedikit membenahi blog Anda agar konten artikel yang berkualitas dapat berpadu dengan format yang baik dan nyaman bagi pengunjung.

7 Resep Meracik Konten Blog Anda agar lebih Memikat

Berikut 7 resep yang dapat Anda jadikan acuan untuk meracik konten blog Anda agar terlihat lebih memikat bagi para pengunjung:

1. Judul yang Menarik

Sebagus apapun isi toko Anda, pastikan Anda memasang produk terbaik di etalase. Begitu pula dengan tulisan di blog Anda, sebagus apapun kontennya pembaca akan semakin tergoda jika menemukan judul yang menarik untuk mereka baca. Singkat tetapi menarik, judul postingan memikat akan menggiring pembaca ingin tahu lebih banyak. Ini jelas penting, memilih judul yang tepat sehingga blog Anda dapat ditemukan pengunjung di mesin pencarian dengan kata kunci yang mereka gunakan.

2. Deskripsi yang Jelas

deskripsi yang jelas
Pembaca blog berbeda dengan orang yang menonton film atau pembaca novel yang akan mengembangkan imajinasi mereka. Anda harus menyajikan deskripsi yang terbaik karena pembaca blog memberikan perhatian penuh pada deskripsi sebelum membaca keseluruhan artikel. Pastikan Anda memberikan kalimat pembuka serta penjabaran yang memungkinkan pembaca merasa telah berkunjung di tempat tepat. Buatlah artikel yang ideal yaitu antara 500-800 kata di setiap postingan sesuai dengan standar penulisan artikel online pada umumnya. Anda juga dapat membuat format list, sehingga memberikan kejelasan bagi pembaca untuk membaca hingga akhir artikel.

3. Format yang Bagus

Banyak kita jumpai blog yang memuat artikel yang baguss namun tampilannya 'hancur' karena formatnya yang buruk. Pembaca akan lebih senang membaca blog yang rapi dan informatif. Maka, jangan malas untuk meluangkan waktu untuk membaca dan melihat format tulisan apakah sudah sesuai dengan keinginan Anda dan kebutuhan pembaca. Periksa sekali lagi, jika Anda telah yakin maka postingan siap untuk di unggah.

4. Gunakan Mutimedia

Agar blog lebih menarik, Anda dapat menambahkan gambar maupun video agar isi konten blog Anda tak monoton hanya berupa tulisan. Sesuaikan gambar dengan isi artikel yang dapat memberikan gambaran atau penjelasan lebih detail tentang apa yang Anda tulis. Jika Anda memberikan tips atau tutorial, video singkat juga akan membantu pembaca memahami yang Anda tuliskan.

5. Kata Kunci yang Tepat

Agar postingan blog yang telah Anda buat semenarik mungkin tersebut dibaca lebih banyak pengunjung, jangan lupa untuk menuliskan kata kunci pada judul dan isi artikel blog Anda. Semakin banyak kata perulangan kata kunci tersebut akan semakin baik. Pencarian sederhana menggunakan google Adwords, dapat membantu Anda menemukan kata kunci yang terkait dan paling sering di cari pengunjung.

6. Sediakan Link Terkait

Tak jarang pengunjung membutuhkan referensi terutama yang berkaitan dengan topik yang ingin diketahuinya. Anda dapat membuat konten blog Anda semakin memikat dengan menyediakan link artikel terkait yang relevan dan menarik perhatian pembaca. Hal ini memberikan ruang bagi Anda menulis hal yang terkait lainnya di dalam blog Anda. Pengunjung akan merasa senang dapat menemukan blog yang lengkap dengan berbagai artikel berkualitas tinggi. Sehingga, memungkinkan pengunjung untuk menjelajah isi blog Anda lebih lanjut.

7. Pastikan Keaslian Tulisan Anda

Internet menyediakan informasi yang beragam, namun tak jarang memuat hal-hal yang pada intinya sama. Agar konten blog Anda semakin memikat pengunjung, jangan menulis hal yang biasa dengan cara penulisan yang biasa-biasa pula. Bisa jadi informasinya sama, namun bagaimana Anda menyampaikan kepada pembaca blog Anda penting diperhatikan. Tulisan yang berisikan copy paste, sudah pasti cepat-cepat ditinggalkan pembacanya. Selain itu, kredibilitas Anda juga dipertaruhkan meski Anda menyebutkan sumbernya. Buatlah konten blog Anda lebih menarik dengan bahasa yang khas dan unik sehingga pembaca merasa nyaman berlama-lama mengikuti isi postingan Anda.

Jika Anda rajin mengelola blog pribadi Anda, kekhasan dari tulisan-tulisan Anda akan nampak. Namun, jika Anda adalah tipe blogger yang tak sempat meng-update isi blog Anda dengan hal-hal yang menarik secara kontinyu, Anda dapat mempercayakan pengelolaan blog ini pada jasa penulisan atikel online yang terpercaya dapat menyajikan artikel berkualitas tinggi yang menarik bagi blog Anda. Manakah yang menjadi pilihan Anda?

Semoga ke-7 Resep Meracik Konten Blog yang Memikat di atas dapat menginspirasi Anda.
(K.I., sumber gambar1sumber gambar2)

1 comments:

saya lihat lihat artikelnya sangat menarik gan,, membuat saya semakin semangat buat menulis,, hehehe
mampir ya gan toko online baju bola

Back To Top