Sunday, November 2, 2014

Skill Terbaik Untuk Membuat Blog Lebih Dikenal dan Diminati

Pernahkah Anda memikirkan bagaimana caranya agar blog Anda terlihat lebih unggul dan lebih keren dibandingkan dengan blog lainnya?

blogger penulis
Skill Blogger

Membuat Blog Anda Lebih Dikenal dari Ribuan Blog Lainnya


Saat ini banyak sekali blog yang telah tersebar di dunia maya. Dari sekian banyak blog, ada beberapa blog yang tidak aktif dan menjadi sampah dunia maya saja, tetapi blog yang tetap aktif juga melimpah jumlahnya. Tidak ada lagi topik yang tanpa persaingan, jikapun ada niche/tema yang tanpa persaingan maka tema tersebut ialah tema yang tidak menghasilkan banyak uang.

Lalu bagaimana membuat blog Anda mampu bersaing dengan ribuan blog bertema sama? Bagaimana pula untuk bersaing dengan blog besar dan website yang telah memiliki banyak pembaca?

Ini akan sangat sulit. Tetapi juga sangat mungkin untuk dilakukan!

Saat saya mulai menekuni dunia blogger, saya memiliki banyak pesaing di blog dengan tema yang sama. Tetapi sekarang saya mendapatkan visitor yang melimpah, bahkan beberapa postingan saya masuk page one Google untuk keyword-keyword satu hingga dua kata.

Baiklah... Kali ini Saya akan berbagi beberapa teknik yang sangat penting dalam blogging. Teknik, taktik dan strategi ini sangat penting dan keren untuk blog karena akan membuat blog Anda jauh lebih unggul dari blog-blog yang telah ada di niche yang sama.  Postingan ini juga berdasar pada pengalaman saya sendiri menembus page one google, tanpa backlink, murni artikel.

Setiap tahunnya, Google mengubah algoritmanya untuk memberikan informasi yang semakin relevan dan semakin tepat bagi para penggunanya. Sehingga setiap blogger yang mengupdate pengetahuan bloggingnya setiap tahun akan mendapatkan posisi terbaik di mata google.

Inilah teknik blogging terbaik selama 2014/2015.

Menulis Postingan Panjang

Setelah beberapa dekade, informasi di dunia maya dipenuhi oleh tulisan pendek dan singkat dari para blogger, akhirnya google tidak lagi mendukung format tersebut. Google mendeteksi bahwa postingan pendek tidak menyediakan informasi yang lengkap, bahkan hanya akan memberikan tulisan buruk yang hanya menembak keyword-keyword tertentu tanpa kualitas.

Postingan yang lebih panjang  memberikan informasi yang lebih banyak dan lebih detail sedang sangat disukai google dan populer saat ini.

Selain untuk mengesankan mesin pencarian google, menuliskan postingan panjang akan memberikan  kesan yang lebih mendalam bagi para pembaca kita dan membuat Anda dikenal sebagai penulis yang mumpuni.

Maka dari itu mulailah untuk membuat postingan panjang di blog Anda

Gagal Menuliskan Postingan Panjang

Banyak blogger yang telah mengetahui teknik postingan panjang ini tetapi masih gagal dalam menuliskan postingan panjang yang berkualitas. Oke mungkin mereka menuliskannya dengan panjang tetapi tidak benar-benar berisi.

Kebanyakan blogger memaksakan kontennya yang dapat disampaikan dalam 300 kata menjadi 1000 kata, yang hasilnya ialah kebingungan pembaca atas poin-poin pentingnya. Bukan hanya membuat dia mengulang-ulang isi tulisannya tetapi juga membuat pembacanya bosan.

Bukan teknik menulis seperti itu yang Saya maksud, tetapi teknik menulis blog post yang panjang dan worth to read

Postingan panjang ini memerlukan teknik menulis yang lebih tinggi levelnya, dan perlu latihan dan pembelajaran khusus.

Bagaimana Cara Menulis Postingan Panjang Ini?

Ketika Kita pertama kali memulai blog, awali dengan kalimat pembuka yang umum dan nyaman, seolah-olah sedang mengobrol, tentu saja ini menggunakan penulisan dengan sudut pandang pertama, disertai link-link terkait yang bermanfaat. Dengan metode ini, pembaca akan lebih nyaman dengan sajian dan pemaparan Kita berikutnya. Ingat! Kesan pertama itu penting!

Jika Kita telah mendapatkan kesan pertamanya, maka jangan lupakan isinya. Karena tulisan yang akan Kita tuliskan ialah artikel yang sangat panjang, maka kita akan memerlukan materi, informasi dan data-data yang lebih banyak dari biasanya.

Untuk mendapatkan bahan-bahan yang akan kita tuliskan, kita memerlukan riset dan wawancara. Postingan panjang ini akan berisi sesuatu yang mudah dipahami. Seperti studi kasus dan contoh yang relevan dengan bahasan kita. Postingan ini juga berisi data-data dalam bentuk tabel atau grafik yang mampu menjelaskan ulasan kita.

Menulis postingan panjang ini memerlukan kemampuan kreatifitas, naratif dan storytelling yang apik dan memukau, sehingga pembaca akan terus membaca paragraf tersebut hingga usai.

Skill Terbaik Untuk Blogging?

Jadi Skill apa yang terbaik untuk para blogger? Kemampuan menulis artikel berkualitas adalah kunci kesuksesan blogger.

Jika Anda tidak dapat menyajikan sebuah informasi dengan lebih detail dan pemaparan yang lebih sederhana, maka artikel blog Anda tidak akan dikenal. Orang lebih memilih membaca website-website besar, mengumpulkan informasi dari kepingan internet, dan membaca ebook. Tanpa tulisan yang bagus, blog Anda akan ditinggalkan

Jadi Bagaimana Melatih skill Menulis ini?

Blogger dengan modal yang cukup akan menyewa jasa menulis konten dengan isi yang panjang untuk bisa bersaing dengan blog-blog se-niche. Bagaimana jika Anda bukan blogger berduit?

Baiklah mulailah dengan berusaha menulis lebih panjang. Jika biasanya Anda hanya membaca dari satu sumber kemudian menulis sebuah postinga, maka perkaya riset Anda.

Tambahlah informasi yang Anda perlukan, hingga benar-benar cukup untuk merangkai sebuah artikel yang utuh dan berisi. Tahan dulu postingan-postingan harian yang pendek-pendek, mulailah dengan menuliskan 1000 hingga 2000 kata pada setiap artikel Anda.

Lupakan jumlah postingan Anda yang perminggu hanya satu atau dua, berfokuslah pada kualitas satu artikel Anda untuk menembus page one google.

Jadi siapkah Anda melatih skill menulis Anda hingga unggul dihadapan mesin pencarian Google dan Pembaca blog Anda? Persiapkan!

(HM, sumber gambar)

Back To Top