Monday, October 27, 2014

Cara Menulis Artikel Blog: Cepat dan Berkualitas

Menjadi blogger  memang bisa memenuhi kantong bahkan sampai tumpah. Semua tahu bagaimana Raditya Dika mengawali kariernya yang sekarang bernilai miliaran. Versi cetak dari blog pribadinya booming hingga difilmkan bahkan diserieskan.

Ada lagi Trinity. Catatan perjalanan backpacker  ini menarik hati penerbit hingga menggaet suntikan dana tur keliling dunia. Banyak juga yang menjadi pengusaha berawal dari iseng membagi hobi lewat dunia maya seperti fesyen, kuliner, olahraga, hingga barang bekas.

Kunci kesuksesan blogger-blogger tersebut ialah keseriusan mereka untuk rutin memberikan sajian blog yang memikat. Maka netizen akan selalu menantikan posting selanjutnya. Blog tersebut memberikan sesuatu, baik berupa informasi, pengetahuan, maupun hiburan yang berbeda dari situs lainnya. Pengunjung juga tak perlu menunggu lama. Kalau sudah begini, blog akan direkomendasikan dengan sendirinya.

target menulis
Target Menulis

Blog-mu image-mu. Blog mencerminkan profesionalitas penulisnya. Jika konten pekerja maya berkualitas, bersiaplah ditawari untuk menjadi penulis artikel web komersial. Mau begitu? Coba cara menulis artikel blog berikut.

Tema Istimewa Pake Telor

ide menulis
Ide menulis
Blogger  semua harus menyesuaikan tema dengan sasaran pembaca. Penulis maya bisa memilih tema yang sedang hot. Masalahnya, tema yang sedang tren juga sudah banyak dibahas di situs lain. Lalu bagaimana menggarap tema yang sama tapi menarik?


Sesuaikan dengan visi dan misi Anda. Hubungkan tema yang sedang mengudara dengan topik yang Anda garap misalnya lingkungan dengan mode, traveling  dengan aksesoris, teknologi dengan profesi, dan lain-lain. Masih diulas banyak laman lainnya? Yuk coba cara menulis artikel blog selanjutnya, berikut ini.

Penelusuran Awal

riset dan penelusuran
Riset dan penjelajahan web
Cara menulis blog dengan konten istimewa ialah menelusuri dulu situs-situs lainnya. Pertama, ini dilakukan untuk mendeteksi apa yang bisa membedakan posting  di lapak netizen dengan lapak lain. Bacalah sekilas, tangkap poin apa saja yang sudah pernah dibahas.

Aculah laman-laman milik media nasional atau perusahaan besar. Ini karena, informasi dari sumber tersebut menjadi pijakan bagi lapak lain. Temukan aspek apa yang belum dibahas laman mayor tersebut. Aspek ini bisa digali lebih lanjut. Apakah sudah ada yang menghubungkan topik itu dengan bidang blog Anda?

Kedua, Anda akan tahu bagaimana memancing orang untuk membuka tulisan. Bacalah sekilas satu sampai tiga referensi, temukan hal menarik terkait topik yang hendak digarap.

Kemudian buatlah pertanyaan-pertanyaan. Hal apa yang sesungguhnya penting namun tidak terlalu dijelaskan di situs lainnya? Hal apa yang sebenarnya menarik tapi tidak ditonjolkan blogger  lainnya? Pola ini dapat jadi bahan baku judul postingan yang sedang Anda garap.

Salah satu cara membuat artikel yang berkualitas ialah meng-input informasi dari sumber yang berkualitas. Percayalah hanya pada literatur yang kredibel. Mengapa? Karena infomasi di dalamnya dapat dipertanggungjawabkan. Siapa yang ingin jadi biang kesalahpahaman khalayak apalagi dituntut?

Jika memilih referensi via internet, pilihlah situs-situs milik media atau perusahaan besar. Laman akademisi seperti universitas, lembaga survey, penelitian, atau jurnal juga tepat jadi acuan. Lalu, bagaimana cara menulis blog yang aktif? Lanjutkan membaca tips ini.

Permainan Point Of View

Ada dua manfaat point of view (POV/Angel) alias sudut pandang, yaitu membuat blog semakin istimewa dan memperbanyak tulisan. Permainan angel  memungkinkan penulis maya untuk menyajikan informasi komprehensif namun tidak membosankan.

Anda sudah melakukan penelusuran awal. Anda sudah tahu aspek apa yang belum dibahas lapak lainnya. Ambillah sebagai angel. Anda mungkin tidak menemukan laman yang membahas topik hot dari sisi visi misi atau hobi Anda. Sebuah tulisan bisa berangkat dari sini. Ulaslah hal penting atau menarik yang luput dari fokus blogger lainnya.

Menetapkan angel sama dengan menetapkan tujuan. Anda dapat menganak-pinakkan artikel dari satu-tiga sumber saja dengan cara ini. Pisahkan berbagai informasi yang sudah diperoleh dari riset awal. Kelompokkan informasi yang berhubungan erat dengan informasi yang bisa berdiri sendiri. Anda bisa menggarap lagi bagian independen tersebut dengan penelusuran lanjutan.

Luaskanlah topik Anda. Misal, ketika menemukan bahwa lada bisa digunakan untuk melangsingkan badan, carilah rempah-rempah lainnya dengan khasiat yang sama. Atau, sempitkanlah sebuah topik. Misal, hubungkanlah topik kunyit yang bermanfaat untuk meningkatkan kerja otak dengan penyakit Alzheimer.

Mungkin ada aspek yang luput dari blogger lainnya namun belum Anda sadari. Siapkan kertas, tuliskan topik besar di tengahnya, lingkari. Curahkan kata apa saja yang ada di pikiran Anda saat melihat keyword itu. Ini akan membantu untuk mendapat banyak spesifikasi baru. Boleh juga menghubungkan antarkata tersebut dengan garis untuk meregenerasi sudut pandang. Terus, bagaimana tulisan bisa membuat penasaran? Ini dia di bawah.

Magnet Judul

Judul ialah kesan pertama pembaca. Jangan salahkan jika pembaca berpaling sebelum menjamah isi jika judul Anda tidak meyakinkannya. Judul menarik menyimpan sebuah rahasia yang hanya dapat diketahui dengan lanjut membaca.

Saat penelusuran awal, Anda sudah mengantongi poin penting atau menarik sebagai bakal judul. Pilihlah mana yang harus diketahui pembaca:
  1. Apa yang terjadi? Apa keputusannya? Apa hasilnya?
  2. Di mana tempat unik itu? Di mana tempat mengenaskan itu? Di mana tempat mematikan itu?
  3. Siapa pelakunya? Siapa yang terbunuh? Siapa pemenangnya? Siapa yang menemukan?
  4. Kapan akan diumumkan? Kapan pernah ada? Ternyata kapan kejadiannya?
  5. Kenapa bisa terjadi? Kenapa keputusan itu harus diambil? Kenapa sesuatu harus dilakukan? Kenapa sesuatu bersifat aneh?
  6. Bagaimana kondisi seseorang saat kejadian? Bagaimana pertanda dari mimiknya? Sedalam apa duka menyelubungi pemakaman? Semewah apa pesta perkawinan?
Bahan baku judul sudah siap. Tinggal memolesnya. Buatlah sesuatu yang beda dengan penggunaan kata dari konteks biasanya ke konteks topik  yang menarik

Contohnya, kata 'meranggas' yang biasanya digunakan dalam hal pepohonan, dijodohkan dengan human interest atau topik menyentuh, seperti "Wajah Tini: Harapan yang Meranggas". Sampel lain: "Asa tak Bersayap", "Melangsingkan Pengeluaran", dan sebagainya. Beberapa majas dan peribahasa juga dapat digunakan untuk mempersolek karya Anda seperti "Malala: Si Mawar Gurun".

Perlu diingat, judul seharusnya singkat agar langsung memikat. Judul yang bertele-tele mengurangi besar efek penasaran. Pada topik tertentu, judul dalam bentuk pertanyaan lebih memancing rasa ingin tahu.

Jika judul sudah rampung, antusiasme pengunjung digarap pada bagian berikutnya. Apa itu?

Belenggu Lead

Lead  atau kepala tulisan bag hidangan pembuka. Pada bagian ini, pembaca digiring unuk mengungkap hal penting atau menarik apa yang akan didapatkan. Cara menulis artikel yang memikat warga internet ialah dengan menuturkan mengapa informasi di dalamnya perlu diketahui.

Jika artikel berupa berita langsung, buatlah pembuka yang menyimpulkan keseluruhan isi. Lead dapat disajikan dengan pernyataan, pernyataan, dialog, pengibaratan, atau suasana. Opsi lain, buatlah pembuka yang menantang. Bagaimana dengan bagian utama tulisan? Ada terapi khusus sebagai berikut.

Isi yang Berbobot

Orang mana yang mau diberi tirai zonk? Tampilan tampak menggoda, judul mengesankan, dan pembukanya membuat penasaran, tapi ternyata isinya tidak memberikan apa-apa. Rugi lah!

Maka berikan bobot pada posting-an Anda dengan isi artikel yang berkualitas. Isi boleh sederhana tapi dikemas menarik. Atau mungkin isinya adalah hal yang kompleks tetapi harus dengan kalimat yang sederhana dan perumpamaan yang mudah dipahami.

Tujuan penulisan Anda bisa mudah ditangkap pembaca dengan penjelasan yang fokus dan runut. Mulailah dengan sebuah hipotesis, lalu tuturkan data, fakta, argumen, maupun teori yang membuktikannya. Anda bisa memulainya dengan membuat kerangka.

Hipotesis dapat berupa prediksi, dugaan, atau sebuah fakta yang harus dijelaskan bagaimana terjadinya. Jika perlu data selain dari referensi awal, tinggal berselancar lagi.

Penulis memang bisa punya banyak hal yang ingin disampaikan. Jika itu menganggu fokus, kenapa tidak dibuat artikel sendiri?

Penutup Menghentak

Orang bisa saja melupakan apa yang Anda sampaikan tapi ia bisa mengingatnya dengan penutup yang berkesan. Salah satu caranya ialah membawa pembaca untuk merenung pada akhir tulisan. Anda juga bisa memberi kesimpulan. Jika itu sudah dilakukan sebelumnya, buatlah dengan penuturan yang berbeda. Tips atau promosi yang berkesan ialah yang mengajak publik untuk mencoba pada akhirnya. Bisa juga dengan menantang pembaca.

Bahasa yang Nyaman

Judul sudah eye catching, lead  mantap, tapi apa gunanya jika isi sulit dimengerti atau membosankan? Susunan Subjek-Predikat-Objek-Keterangan orang Indonesia menuntut tulisan dengan kalimat yang singkat dan lugas. Jangan terlalu banyak anak kalimat. Ini agar pembaca bisa langsung menangkap maksud penulis. Hindari menjelaskan dengan kata-kata bermakna boros seperti para masyarakat, berpikir dalam kepala, malam gelap, dan lain-lain.
Satu hal penting: taatilah peraturan Ejaan Yang Disempurnakan. Pedoman ini disusun para ahli agar teks mudah dipahami publik. Profesionalisme blogger  tergambar dari sini.

Pembaca akan bosan dengan kata yang terlalu diulang-ulang. Kumpulkan sedikit profil tentang objek yang dibahas misalnya sebutan lain sebuah kota, makanan khasnya, atau ikonnya. Jika itu tentang seseorang, telusuri riwayat hidup, zodiak, tanggal lahir, asal, hobi, dasn sebagainya. Dengan begitu, Anda punya bermacam cara untuk menyebutnya.

Begitu juga dengan hal yang sering disebut, variasikan dengan sinonim. Sebagai contoh: kata, ucap, ujar, tutur, tukas untuk mengakhiri kutipan langsung. Atau: situs, web, laman, lapak, dan halaman.

Editing  Penting

Usahakan memiliki waktu untuk membaca kembali karya sebelum dipublikasikan. Anda akan menemukan kesalahan yang tidak disadari saat menulis seperti kalimat janggal atau penjelasan yang merusak angel. Kadang, ada urutan yang ternyata harus diubah.

Oke, itu tadi cara membuat artikel blog berkualitas. Memang membutuhkan waktu. Masalahnya, blogger  sukses dituntut bekerja cepat. Lapak Anda bisa tetap aktif dan berkualitas dengan trik di bawah ini.

Suplemen

Berlatihlah membaca cepat. Saat membaca referensi sekilas, tangkap kata-kata penting. Tetapkan angel, sembunyikan bahan bacaan lalu tuturkan apa saja yang ada di pikiran. Jika lupa data, istilah, nama, atau perlu tambahan, tandai saja dulu. Menandai bisa dengan warna, kode, atau keterangan tambahan apa yang perlu dicari. Lanjutkan dulu tulisan sampai akhir. Setelah itu, baru lengkapi dan edit. Menulis dengan metode ini juga efektif untuk mereka yang menghindari plagiarisme.

Mulai berlatih dari sekarang karena kuantitas meningkatkan kualitas. Bisa karena biasa. Suatu hari Anda akan produktif dan berkualifikasi  sebagai penulis artikel profesional.
 
 

1 comments:

mantap gan nama blognya shadow writer, penulis bayangan,, keren,,, saya juga ingin bisnis menulis gan,, bisa kaaih tahu kemana saya jualnya gan... mampir ya gan toko online baju bola

Back To Top