Thursday, November 20, 2014

Bagaimana Membuat Blog Anda Menjadi Sebuah Buku: BLOOK

Pernahkah Anda mendengar istilah "blook"? Ya, mungkin sebagian dari kita masih asing dengan istilah blook. Namun, istilah ini mulai populer pada tahun 2002.

Blook merupakan kumpulan tulisan yang ada di blog yang kemudian disusun untuk dibuat menjadi sebuah buku. Jadi, seperti konten blog versi buku cetak. Kata 'blook' berakar pada kata 'blog' dan 'book' yang digabungkan menjadi satu.

 Dari Blog Menjadi Buku

Seorang penulis blog bernama Tony Pierce menyusun sebuah buku yang berasal dari kumpulan tulisannya di blog.Oleh pembacanya bernama Jeff Jarvis kemudian menamainya blook, bertepatan dengan salah satu ajang bertajuk Pierce Award.

blook
 
Saat ini blook sudah banyak kita temui di toko-toko buku dengan berbagai genre, mulai dari tema humor, motivasi hingga catatan perjalanan.

Seperti halnya sosok fenomenal Raditya Dika yang sukses mengguncang jagad perbukuan di Indonesia. Awalnya, dia hanya menuliskan berbagai kisah tentang keseharian dan kekonnyolannya dalam blognya kambingjantan.com.

Saat dia berkuliah di Adelaide, Australia, pengunjung blognya hanya mencapai 5 orang per hari. Namun karena konten blognya menarik, lucu dan asik, semakin hari semakin banyak pengunjung yang datang bahkan hingga ribuan pengunjung setiap harinya.

Radhit, begitu ia disapa ternyata tidak pernah berfikir bahwa tulisannya di blog akan diterbitkan menjadi sebuah buku. Ia menjadi sosok inspiratif bagi anak muda agar terus berkarya. Dari sekian banyak orang yang menulis di blog, tidak semuanya bisa menjadi penulis yang fenomenal.

Menurtnya, untuk menjadi penulis blog yang sukses, kita harus terus mengasah kemampuan kita untuk menulis dengan menghadirkan sesuatu yang khas, inovatif dan berbeda. Dan yang paling penting kita harus jujur dengan apa yang kita tulis.

Pemilik nama asli Dika Agkasaputra Moewardi ini kini sukses menjadi blogger yang membukukan blognya. Bahkan, beberapa bukunya juga telah diangkat ke layar lebar seperti Kambing Jantan dan Manusia Setengah Salmon.

Lain lagi dengan Trinity, penulis yang berhasil menuangkan catatan perjalanan lewat blog berkat hobi travelling-nya. Blog naked-traveller.com yang banyak menjadi rekomendasi bagi para pecinta travelling kini juga dapat dibaca oleh pembaca yang lebih luas di bukunya yang berjudul The Naked Traveller.

Buku ini memberikan pengalaman berwisata dengan sudut pandang yang sangat berbeda. Ternyata, kita bisa mewujudkan mimpi menulis buku dengan menuliskan sesuatu yang sangat dekat dengan diri kita, atau dari hal yang paling kita sukai.

Ada juga Muhammad Assad, yang berbagi pengalamannya selama berkuliah di Qatar, dalam blognya muhammadassad.wordpress.com. Banyak kisah menarik, inspiratif dan mencerahkan yang ia tuliskan.

Muhammad Assad


Suatu hari ia berfikir, bagaimana agar suatu saat ia tidak hanya melulu membeli buku orang lain. Tetapi, ada buku yang tertera namanya di sampul buku diantara deretan buku tersebut. Hal ini mendorongnya untuk mengumpulkan tulisannya di blog, kemudian menerbitkan menjadi sebuah buku.

Lahirlah buku serial "Notes From Qatar" yang kini sudah mencapai seri ketiga. Ia sukses menerbitkan bukunya dan sering diminta untuk menjadi pembicara di acara-acara bedah buku dan trainning motivasi di berbagai acara.

Menyusul kemudian buku-buku selanjutnya seperi Sedekah Super Stories, 99 Hijab Stories, dan Good Morning Qatar.

Sederet nama di atas cukup memberikan gambaran kepada kita, bahwa ternyata hobi ngeblog dengan konten yang berkualitas, dalam artian memiliki bargaining position di kalangan pembaca buku memiliki kesempatan yang besar untuk eksis bahkan menaikkan popularitas. Selain itu juga dapat menghantarkan si blogger menjadi penulis buku terkenal.


dari blog jadi buku
Lalu, bagaimana agar Anda juga dapat mengikuti jejak kesuksesan membuat blook anda sendiri? Berikut beberapa tips yang dapat menginspirasi anda membuat blog yang berkualitas agar suatu saat dapat dibukukan.

Membuat Blog Pribadi

Untuk menjadi penulis blog, hal mutlak yang harus anda miliki adalah sebuah blog pribadi. Saat ini banyak sekali yang menyediakan akun blog gratis yang dapat anda akses, seperti blogger, blogspot, wordpress, dst.

Anda dapat memilih salah satu di antaranya. Maksimalkan akun blog gratis tersebut untuk menampung tulisan-tulisan Anda. Tentunya Anda harus mengisi blog terseut dengan artikel yang menarik bagi calon pembaca.

Memilih Tema yang Menarik

Anda suka memasak? Atau hobi travelling? Apapun itu, usahakan untuk fokus pada suatu bidang/ tema sebagai acuan dalam tulisan-tulisan di blog Anda. Semakin fokus semakin baik.

Blog yang berisi tulisan dengan satu tema/ nieche tertentu akan memudahkan bagi Anda, jika suatu saat ingin membuat blog anda menjadi sebuah buku. Buatlah konten blog Anda semenarik mungkin.

Siapa tahu, justru pihak penerbitlah yang akan melirik tulisan di blog Anda untuk dibukukan. Tentu saja blog dengan tulisan-tulisan satu tema lebih menarik daripada blog gado-gado yang tidak jelas isinya.

Gunakan Bahasa yang Mengalir

Tulisan di blog memang cenderung 'suka-suka' alias tidak baku. Justru yang menarik dari blog yang dibukukan salah satunya adalah penggunaan bahasa yang suka-suka ini.

Jadi, bahasa yang digunakan adalah bahasa blog. Mengalir dan tidak kaku. Meskipun Anda juga tidak boleh mengesampingkan EYD agar tulisan Anda tetap enak dibaca. Pengunaan bahasa 'gaul' yang berlebihan juga perlu anda pertimbangkan, yang jelas jangan biarkan pembaca Anda mengerutkan dahi ketika membaca tulisan Anda.

Blog walking

Sering-seringlah menjelajahi blog-blog orang lain agar kita dapat belajar bagaimana dapat menulis blog dengan benar. Semakin banyak blog yang Anda baca, akan semakin banyak referensi untuk membuat blog yang menarik.

Anda tidak perlu meniru tata bahasa dari blog orang lain, tetapi terus mencari bahasa tulisan kita sendiri. Semakin unik tulisan kita, akan semakin berpeluang untuk membukukan tulisan kita tersebut. Karena, penerbit tentunya akan berpikir ulang jika tulisan kita tulisan 'basi' atau memiliki kesamaan dengan tulisan orang lain. Orisinalitas sangat berpengaruh dalam hal ini.

Tingkatkan Pembaca Blog Anda

Yap, ini adalah salah satu bagian yang penting dari sebuah blog. Anda harus berusaha untuk meningkatkan pembaca blog Anda. Mengapa?

Hal ini akan memuluskan langkah Anda ketika menawarkan naskah blog Anda ke penerbit. Karena, penerbit juga akan mempertimbangkan siapa target pembaca buku Anda. Jika pembaca blog Anda ratusan bahkan ribuan perhari, peluang blog Anda untuk diterbitkan akan semakin tinggi.

Membaca 'blook' Penulis Lain

Nah, Anda bisa mulai hunting ke toko buku. Memilih beberapa judul buku penulis yang berhasil membukukan karyanya. Seperti contoh yang telah disebutkan di atas, ada Raditya Dika, Trinity, Muhammad Assad, Aulia "Ollie" Halimatussadiyah, dsb.

Temukan pola yang mereka terapkan, dan pelajari cara untuk menyusun tulisan di blog menjadi sebuah buku.

Menulislah!

Tunggu apa lagi? Setelah membaca ini, tidak ada hal lain yang perlu anda lakukan selain mulai untuk menulis blog Anda.

Ingat, banyak sekali orang yang telah mulai menulis blog dengan artikel yang berkualitas. Jika anda tidak segera menulis, Anda akan semakin tertinggal. Anda bisa memulai menulis blog saat ini, dan bermimpilah suatu saat blog Anda juga akan bisa diterbitkan menjadi sebuah buku yang dicintai oleh penggemar. Mengikuti kesuksesan para blogger dengan karya blook-nya!

Demikian sekilas tentang Blook, Bagaimana Membuat Blog Anda Menjadi Sebuah Buku.

Let's book your blog!

(KI, sumbergambar1, sumbergambar2, sumbergambar3)

Back To Top